Kuala Lumpur - Destinasi Luar Negeri Murah Meriah

Menara Petronas (Dokumen Pribadi)
Jika membaca dan mendengar pengalamanan banyak orang serta komentar di blog atau testimony situs perjalanan, biasanya Singapore adalah negara pertama yang di kunjungi sebagai destinasi pertama saat ke luar negri. Saya pun demikian tapi setelah sekian tahun berkali kali mengunjungi negeri Singa tersebut dan membandingkan dengan negara tetangga terdekatnya yaitu Kuala Lumpur, Saya dapat menyimpulkan Malaysia jelas lebih murah untuk biaya penginapan di Hotel, Makan serta Transport.

Kenapa demikian, pastinya perbedaan nilai tukar Malaysia Ringgit lebih murah dengan Singapore Dolar yang lebih tinggi. Jadi bagi yang belum pernah ke Luar Negeri sama sekali dan mempunya budget yang sangat pas pas an. Bisa berkunjung ke Kuala Lumpur. Berikut pengalaman saya yang mungkin berguna sebagai referensi nantinya.


1. Airline / Maskapai
Ada banyak pilihan Airline maskapai untuk tujuan Kuala Lumpur dari Maskapai Full Service yaitu Garuda Indonesia, Malaysia Airline dan KLM serte pilihan Airline LCC seperti Air Asia serta Lion Air dan Malindo Air. Untuk yang transit Singapore ada Scott, Jetstar dan Batik Air. Semua pilihan ini dapat  di sesuaikan dengan kebutuhan masing masing. Pengalaman saya selalu check harga Maskapai Full Service terlebih dahulu, Jika sedang beruntung kita akan dapat tiket harga murah.

Sampai saat ini KLM bagi saya masih favorit karena mereka selalu memberikan promo tiket pulang nol rupiah tentunya dengan T&C tertentu misalnya waktu kepulangan harus lebih dari 3 hari. Untuk pesawat KLM ini tujuan akhir nya adalah Schipol Amsterdam tapi transit di Kuala Lumpur. Dengan jarak tempuh hanya 1.30 jam saja kita tetap dapat meals semamcam Apple Pie tapi cukup kenyang serta inflight entertainment dan handuk hangat (Refreshing Tissue). Saya pernah naik KLM hanya dengan Rp. 1.1juta PP untuk JKT-KUL. Cukup murah kan
Website KLM bisa click link ini https://www.klm.com/home/id/id#



2. Hotel
Ini yang sangat menyenangkan bagi saya, karena karena pilihan hotel sangat banyak dan murah tapi kenyamanan dan kebersihan nya tidak perlu di ragukan. Ada banyak pilihan seperti KL Sentral, Bukit Bintang atau Pasar Seni. Bagi saya ketika menentukan akan menginap di mana sangat tergantung dengan rencana perjalanan akan kemana saja. Saya pun sudah pernah mencoba di beberapa daerah setelah berkali kali mengunjungi Kuala Lumpur. Bagi saya kawasan terbaik adalah kawasan KL Sentral. Pilihan hotel yang beragam, tempat makan yang enak dan murah, Bis jurusan Bandara serta Ada Mall besar seperti Nu Sentral. 
Metro Hotel, Brickfield (KL Sentra Area) - Dok Pribadi
Trip terakhir saya June 2019, saya menginap di Metro Hotel di No. 3 JL. Thambypillai, Bricfields. Lokasi hanya 1 blok di samping Nu Sentral Mall.  Karena saya ber 4 dengan 2 anak remaja jadi kami booking 2 kamar selama 5 malam via Agoda dengan total. Rp. 2,8 juta berarti per malam hanya Rp. 280.000 saja. Oya sejak tahun 2017 ada pungutan tambahan sebesar RM10 ringgit untuk 1 malam kalau ini nanti akan di minta saat kita check in. Bayangkan di Jakarta saya dengan harga pukul rata Rp. 300.000 jika di bandingkan dengan kamar sejenis di KL jauh lebih murah





Untuk tulisan saya lainnya mengenai Hotel lain di KL  bisa check link Submarine Guest House dan My Hotel KL Sentral 



3. Transportasi


Setiba nya di Airport KLIA untuk menuju hotel ada banyak pilihan selain Taksi. Dapat juga naik KLIA Express dengan tujuan KL Sentral yang pastinya lebih mahal di bandingkan naik Bis hanya dengan RM12 atau Rp. 42.000 tapi dengan jarak tempuh kurang lebih 1.30 jam. Ya seperti naik Damri lah menuju Bandara Soekarno Hatta. Bis dengan tujuan akhir yaitu KL Sentral. Bis paling akhir yaitu jam 12:30 Tengah malam. Jadi bagi memilih pesawat malam tidak perlu kwatir.

Untuk transportasi umum dalam kota di KL sangat lah mudah serta menyenangkan. Untuk menentukan jenis transport tergantung tujuan kita akan kemana, Jika jarak dekat apalagi kita rombongan jangan lupa check juga Aplikasi Grab bisa lebih murah di banding kan naik MRT/LRT yang mana kita harus jalan kaki menuju stasiunnya. 

Jangan lupa pelajari peta nya tinggal ikuti petunjuk sesua dengan warna kereta serta tujuannya. Gampang ko tapi memang harus sabar dan paham tujuan kita mau kemana.


4. Simcard
Agar tetap terkoneksi dengan keluarga di Indonesia dan tetep eksis di social media, membeli Simcard adalah keharusan bagi saya jadi biaya untuk ini harus di perhitungkan. Sebelum masuk ke Imigrasi area ada banyak counter yang menjual Simcard dari berbagai macam Provider. Tidak ada referensi provider tertentu, saya hanya memperhitungkan berapa lama kita tinggal atau mengandalkan promo yang terpampang aja. 

Tapi trip kali ini saya membeli Simcard di 7eleven hanya RM15 atau Rp. 52.500 cukup murah kan. Jangan lupa di Hotel tempat kita menginap sinyal WIFI nya cukup kuat. Jadi bagi kamu yang tidak ingin membeli SIMCARD juga tidak apa apa karena sudah gratis dari hotel.


5. Makanan 
Wisata kuliner akan sangat banyak ragam nya di sini, dari Nasi Kandar, Nasi Briyani dan Nasi Lemak. Harga nya pun cukup murah. Apalagi dengan label Halal, Karena Malaysia adalah negara Muslim sama hal nya seperti Indonesia. Ada banyak referensi tempat kuliner yang enak. 
ABC Cafe, Brickfield (Dok. Pribadi)

Salah satu nya di CowKit atau  untuk menuju ke sana silakan lihat peta yang sudah saya cantumkan di halaman ini. Konon kawasan ini banyak sekali orang Indonesia berbisnis yang membuka kios kios. Maka tak heran  sepanjang jalan ada banyak restaurant Padang. 


Es Cendol Durian CowKit (Dok Pribadi)

Ada banyak juga kedai atau tenda di pinggir jalan ala warung nasi sederhana yang lauk nya seperti makanan rumah. Tidak jauh dari hotel tempat saya menginap ada banyak pilihan dan kebetulan pemiliknya orang Indonesia asal Medan yang memang orang tua nya sudah merantau ke Malaysia sejak dia kecil. Walau sederhana tapi rasanya enak loh. Saya sekeluarga 4 orang hanya sekitar Rp. 100.000 an
Warung Nasi Sederhana (Dok Pribadi)
Jadi jelas ya bagi yang ragu akan memutuskan harus ke mana dulu. Kuala Lumpur bisa sangat menjadi pilihan destinasi pertama. Apalagi kota ini tidak harus membuat kita harus ber bahasa inggris dikarenakan bahasa melayu yang di pakai juga sehari hari. Tapi saya sendiri suka tetap menggunakan bahasa inggris di karenakan tidak semua penduduk adalah orang Melayu. 

Selamat mencoba ya...
Kuala Lumpur - Destinasi Luar Negeri Murah Meriah Kuala Lumpur - Destinasi Luar Negeri Murah Meriah Reviewed by Garis batas on 7:39:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.