Melintas ke Perbatasan Singapore - Johor Baru

Papan Informasi (Dok Pribadi)
Jika kalian sedang berada di Singapore dan masih punya waktu satu hari tersisa  sebelum pulang ke Jakarta dan bingung mau kemana lagi sedangkan tiap sudut kota selama ini sudah pernah di kunjungi,  mungkin tidak ada salahnya mencoba berkunjung ke Johor Bahru di Malaysia.

Karena jarak tempuh hanya 2 jam saja dan itu sudah di hitung pindah negara, lumayan kan bagi yang koleksi stamp imigradi di passport. Tapi saya sarankan lebih baik menginap 1 malam jadi pulang ke-esokan harinya.

Tiket Bis (Dok Pribadi)
Saya mengambil rute perbatasan Woodland dengan naik bis kuning dari Queen Street. Sangat mudah untuk mencapai bis station tersebut atau tempat mangkalnya. Apalagi kalo tinggal di daerah Bugis atau Arab Street. Lokasi nya seperti mini terminal.

Ada banyak bis jurusan Johor baru tapi saya naik yang Bis Kuning yaitu Causeway Link. Dengan harga tiket bus 3.5 Sing Dolar dgn kurs kurleb Rp. 10.000 berarti Rp. 35.000 cukup murah lah.

Oya tiket balik ke Singapore dari JB juga 3.5 ya tapi karena Ringgit jadi cukup murah jika di rupiahkan hanya Rp 12.250.
Woodland Singapore (Dok Pribadi)
Jarak tempuh 2 jam yang saya sebutkan sudah termasuk check imigrasi ya karena dari Queen street ke Woodland hanya sekitar 1/2 jam saja, Nanti kita harus turun dari bis dan antri berbaris, tidak ada petugas yang bantu angkut koper ya karena kan ini seperti bis umum biasa. Jika ada yang bawa koper besar lumayan report naik turun nya.

Bis Kuning (Dok Pribadi)
Setelah selesai kita akan berbaris lagi dan mengantri bis Kuning tapi jangan heran ya jika kita akan naik bis yang berbeda karena saat kita turun bis bis pun berbaris antri jadi tidak mungkin dan akan susah bisa menunggu penumpang yang sebelumny. Selama bis nya Causeway Link yg warna kuning ya naik aja. Jangan lupa tiket nya jangan hilang untuk pemerikasaan. Tapi saat itu tidak pemeriksaaan.

Dok Pribadi

Perjalanan pun di lanjutkan melintas laut yang terdapat jembatan karena bepergian ke JB pun dapat di lakukan dengan mobil pribadi. Sore itu saya pun melihat banyak sekali mobil pribadi yang antri dan cukup padat.

Tiba di JB Sentral kita pun akan turun lagi untuk pemeriksaan Imigrasi, Ada yang menarik ketika saya di tanya Tujuan ke JB karena saya sebutkan hanya 1 malam. Saya jawab ingin wisata kuliner Nasi Lemak mungkin dia tak percaya sampai saya harus tunjukkan tiket saya pulang ke Jakarta via Singapore.

Sebenarnya bis berakhir pusat kota Johor Baru tapi karena waktu yang terbatas saya putuskan menginap di JB Sentral jadi begitu selesai check imigrasi kami pun langsung keluar untuk mencari penginapan dan memang tidak mau repot juga jika besok nya pulang kembali ke Singapore

Ada pengalaman menarik saat kembali ke Singapore ke esokan harinya, Ternyata suami dan anak saya terkena random check di Woodland. Rupanya ini normal dan biasa terjadi apalagi jika baru pertama melewati Woodland. Cukup lama saya menunggu di luar sekitar 2 jam awalnya saya kwatir tapi ternyata banyak juga yang terkena random check, wawancara nya pun antri.  Jadi siap siap siapkan waktu juga jika hal ini terjadi ya.

Dok Pribadi

Happy Traveling ...
Melintas ke Perbatasan Singapore - Johor Baru Melintas ke Perbatasan Singapore - Johor Baru Reviewed by yuli harry on 12:58:00 PM Rating: 5