Like us on Facebook

Proses Suntik Vaksin Meningitis di KPP Halim Jakarta Timur

Buku Kuning (Dok. Pribadi)
Awalnya saya pikir suntik vaksin ini bisa di lakukan di Rumah Sakit atau Lab pada umumnya loh, ternyata hanya bisa di lakukan di Kantor Kesehatan Pelabuhan yaitu KPP. Mengapa ? sempat saya tanyakan ke dokter yang menyuntik saya kenapa, di jawab karena hanya KPP yang berwenang mengeluarkan Certificate International atau banyak di sebut orang yaitu Buku Kuning. 

Buku ini wajib di punyai bagi mereka yang ingin berkunjung ke Arab Saudi terutama yang ingin naik Haji, Umroh juga para TKI dan TKW. Untuk mengetahui di mana saja kantor KPP berada, dapat di check di website http://kespel.depkes.go.id/ Warga Jakarta dapat memilih antara Tanjung Priok, Soekarno Hatta atau Halim. Tinggal kita sesuaikan saja mana yang terdekat dengan area rumah kita. Dalam hal ini saya memilih yang di Halim dengan alamat Jl. Jengki No. 48 Kebon Pala, Makassar Jakarta Timur (arah Cililitan Besar).

Kenapa harus di Vaksin ? karena salah satu syarat wajib jika kita ingin bertandang ke Arab Saudi Suntik Vaksin ini di lakukan agar dapat melindungi resiko tertular Meningitis Meningokokus yaitu selaput otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini mempunyai angka kematian yang sangat tinggi. Seperti yang kita tahu Mekkah adalah pusat berkumpul nya dari jutaan manusia dari seluruh penjuru dunia yang mungkin saja orang orang ini menjadi pembawa bakteri ini.

KPP Halim Jl. Jengki No. 48 Jakarta Timur
Untuk pendaftaran bisa datang langsung atau daftar online. Saya lihat masih di berlakukan pendaftaran manual atau langsung datang di tempat selain menerima pendaftaran online. Tersedia 3 ruang Vaksin (2 untuk Manual, 1 untuk online).

Menurut info yang saya baca hanya melayani 300orang/hari  maka saya pun lakukan daftar online agar lebih aman. Jangan lupa check email yang sebelumnya di cantumkan untuk menerima konfirmasi, jika sudah dapat email nya terdapat 2 form yang harus kita print dan di  bawa datang.
 
Loket Pendaftaran (Dok Pribadi)
Saya datang sekitar jam 09:00 pagi sudah cukup ramai. Sebelum ke loket pendaftaran kita di wajibkan mengisi semacam form isisn check list letaknya di sebelah kanan pintu masuk. 

Ada seorang petugas satpam yang sangat ramah bertanya ke setiap orang yang datang, sigap membantu dan tak lelah menjawab semua pertanyaan orang yang datang. Banyak amal nya Bapak ini, semoga cepet berangkat baik haji atau umroh ya pak, sesuai dengan doa beliau tadi yang di ucapkan nya. Aminnn.
No Antrian dan Slip Pembayaran (Dok. Pribadi)


Setelah mengisi form tadi Kita menuju loket pendaftaran, setelah verifikasi dokumen oleh petugas, nama kita akan di panggil lalu di berikan no antrian antrian dan slip pembayaran. 

Loket pembayaran hanya menerima uang tunai saja yaitu Rp. 305.000/orang dari perincian biaya tersebut adalah untuk biaya Pendaftaran, Pemeriksaan, Vaksin dan Buku Kuning. Jika sudah tinggal menunggu nama di panggil oleh petugas.


Loket Pembayaran hanya menerima uang tunai (Dok. Pribadi)
Bagi para wanita siap siap dengan pertanyaan kapan terakhir menstruasi jika jawaban meragukan anda pasti akan di minta test kehamilan dulu dengan membayar Rp. 30.000. Di karenakan jawaban saya lupa akhirnya oleh Dokter di minta ke ruangan sebelah atau Laboratorium. Padahal saya sudah bilang sebelumnya kalo saya tidak sedang hamil. Tapi Dokter bilang ini sudah peraturan dan ada undang undang nya okey dech kakak. Saya pun di minta test urine dengan test-pack biasa. Setelah terbukti negatif dokumen saya pun di acc balik lagi ke ruangan sebelah.

Setelah proses vaksin selesai di ruangan yang sama, Buku Kuning akan di serahkan ke kita, tidak di minta pas photo jadi ingat ya tidak di butuhkan pas photo seperti info yang saya baca. Dari proses awal hanya Photocopy Passport saja. Jangan lupa bagi yang mau claim ke kantor atau perusahaan tempat bekerja minta bukti pembayaran dengan petugas yang memberikan Buku Kuning tadi. Karena saya sendiri sempat lupa minta padahal sudah otw pulang terpaksa dech harus balik lagi.

Jakarta 16 Oktober 2017
Proses Suntik Vaksin Meningitis di KPP Halim Jakarta Timur Proses Suntik Vaksin Meningitis di KPP Halim Jakarta Timur Reviewed by yuli harry on 4:41:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.