Like us on Facebook

Persyaratan penambahan nama di Passport

Kali ini saya mau sharing info yang sangat dapatkan ketika hendak menambah nama menjadi 3 suku kata di passport. Penambahan nama di butuhkan sebagai syarat pengajuan Visa Saudi Arabia yang mengharuskan 3 suku kata untuk nama. Informasi penting ini harus saya segera bagikan agar dapat menjadi referensi agar dokumen yang di persiapkan lengkap dan tidak perlu bolak balik lagi nantinya. 

Tempat kita melakuan penambahan harus di Imigrasi tempat buku passport kita di terbitkan. Dalam hal ini saya pun menuju Kantor Imigrasi Jakarta Pusat yang berada di daerah Kemayoran. Sampai di TKP awalnya saya curiga ko tumben sepi ya tidak seperti biasa nya. Terakhir berkunjung bulan June 2017 saat pengurusan passport anak begitu ramai. Oalah ternyata sejak 14 July 2017 pengambilan no antrian di lakukan melalui WA ke No hp. 0812 99000 4406.

Saya pun panik karena tidak tahu akan hal ini, Langsung saja ikuti petunjuk yang ada di banner tersebut tapi  balasan WA nya tambah bikin panik bahwa hari ini sudah full jadwal antriannya. Dan jadwal kosong berikutnya adalah 3 October alias 2 minggu lagi dari sekarang.  Bukan saya saja yang tidak tahu mengenai hal ini tapi ada beberapa orang yang kecewa karena ketidak tahuan ini,

Syarat dan Ketentuan Layanan Antrian lewat WA (Dok. Pribadi)
Untungnya setelah saya bertanya ke petugas satpam apakah untuk penambahan nama di perlukan juga ambil antrian lewat WA ternyata di jawab tidak perlu alias bisa langsung.  Alhamdulillah jadi tidak sia sia ambil cuti kantor hari ini. Teng jam 07:30 AM petugas satpam tadi pun mempersilahkan orang2 untuk masuk ke ruang lobby utama.

Saat saya sampaikan niat untuk pengurusan nama, pertugas pun langsung memberikan formulir dan map kuning. Lalu saya pun bergegas menuju koperasi yang letaknya di belakang gedung untuk membeli surat permohonan yang sudah bermaterai dgn harga Rp. 8.000. Setelah semua lengkap lalu saya pun naik ke lt 2 ke Counter pengambilan passport.

Setelah di check syarat berkas yang saya ternyata masih ada yang kurang dan Petugas tersebut berkata bahwa tidak perlu menambah nama di karenakana sejak tahun ini 2 suku kata sudah bisa mendapatkan Visa ke Arab Saudi. Saya pun pasrah selain berkas yang kurang dan tidak mungkin di urus hari itu. Dan petugas pun menyampaikan syarat2 dokumen yang harus di sertakan yaitu :

  1. Passport Asli
  2. Photocopy Passport
  3. Photocopy KTP
  4. Photocopy KK
  5. Photocopy Akte Kelahiran / Ijasah (yang dapat menunjukkan nama orang tua, hanya terdapat di ijasaha SD, SMP, SMA bisa salah satu saja)
  6. Surat permohonan ber materai Rp. 6000 (beli di koperasi)
  7. Surat Pernyatan dari Biro Travel yang mengatakan bahwa kita akan menunaikan umroh
  8. Surat  Pernyatan dari Kementrian Agama yang mengatakan atas nama kita ingin menambah nama (silakan hub travel untuk kejelasan bentuk suratnya)
 Jangan lupa standar ukuran kertas A4 ya. Semoga info ini berguna

 Jakarta, 15 September 2017
Persyaratan penambahan nama di Passport Persyaratan penambahan nama di Passport Reviewed by yuli harry on 6:48:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.