Like us on Facebook

Menikmati Tokyo hanya 4 hari saja

Asakusa (Dok.Pribadi)
Awalnya tidak sengaja membaca postingan facebook promo Garuda Mileage tanggal 23 Dec 2016 yang di posting di komunitas para pecinta jalan jalan ke luar negeri yang saya ikuti di Facebook. Postingan yang sangat menggiurkan bagaimana tidak promo dengan redeem Garuda Mileage dengan potongan 90%. Wow... dewi fortune tampaknya ada di pihak saya, berhubung selama ini, saya sudah cukup lama menabung  Mileage Garuda demi impian untuk dapat menjelajahi kawasan Eropa lagi.

Tiba tiba saja terbesit Jepang dan setelah check kalendar dan bolak balik memperhitungkan waktu terbaik akhirnya JKT-HANEDA-JKT April 2017 menjadi pilihan. Untuk biaya administrasi redeem hanya membutuhkan Rp. 1,3 Juta. Berhubung jatah seat economi untuk kembali ke Jakarta sudah full maka saya pun di tawarkan business class. Wah bener benar tak di duga saya bisa naik kelas bisnis untuk pertama kalinya. Sungguh double jackpot untuk saya Alhamdulillah

Landing sekitar jam 09:00 pagi waktu setempat di Terminal 1 Haneda setelah perjalanan kurang lebih 7 jam. Setelah Garbarata merapat lalu jalan kaki menuju ke gedung utama untuk selanjutnya pengecekan Imigrasi. Antrian Imigrasi tidak lah ramai pagi itu dan sangat lancar. Petugas sempat bertanya ke saya " Dengan siapa bepergian ?" saya menjawab berdua dengan kakak. Setelah itu Passport saya pun di stempel. Alhamdulillah ....Tokyo I am coming.

Haneda Airport (Dok. Pribadi)
Selesai urusan Imigrasi kita akan langsung berhadapan dengan area pengambilan bagasi.  Di pintu keluar terdapat backdrop "Welcome to Tokyo 2020" terpampang besar, Orang2 pun berhenti untuk berphoto saya juga dong tidak mau kalah dong. Cekrek.

Counter Tiket Monorail at Haneda (Dok. Pribadi)
Di sebelah kanan pintu keluar saya pun segera mencari Tourist Center Information untuk membeli tiket 72 jam Subway dengan harga 1.500 Yen. Perjalanan 4 hari ini memang hanya akan di Tokyo saja dan rasanya ga sah juga kalo tidak mencoba subway nya.

Oya penentuan kita akan memakai moda transportasi apa selama di Jepang semua berdasarkan tujuan kita kemana saja, karena ada banyak pilihan transportasi seperti JR Pass misalnya. Dan siap siap ya ongkos transportasi di Jepang lebih mahal ketimbang negara Asean lainnya

Saya lanjutkan ceritanya ya, Untuk menuju Subway terdekat dari Hanesa Airport adalah yaitu St Daimon (E20 Magenta Line) dengan tujuan akhir nanti nya St Tochomae dan saya harus mencapainya dengan naik Monorail dengan tujuan St Hamamatsucho.

Tepat berhadapan dengan tourist counter tadi terdapat counter penjualan tiket monorail. Dengan  di bantu petugas wanita cantik dan ramah berseragam seperti yang ada di kartun Jepang, (sayang saya ga sempet photo bareng) walau dengan bahasa Inggris yang terdengar aneh tapi saya mengerti petunjuknya.

Area monorail hanya 1x naik eksalator tidak jauh dari membeli tiket tadi.  Perjalanan cukup singkat tidak sampai 15 menit akhirnya sampai juga di Stasiun Hamamatsucho. Setelah keluar dan drama bertanya kepada orang di jalan di mulai. Oh iya maklum karena memang hp saya tidak ada internetnya. Tadinya mau membeli tapi ko rasanya mahal banget ya hampir 4-5 ratus ribu makanya saya putuskan hanya akan memanfatkaan fasilitas wifi saja. Tapi itu lah konsekwensinya kita tidak bisa akses google map berarti siap siap akan nyasar atau bertanya ke orang2 di Jalan yang kita tau mereka minim berbahasa inggris

Setelah membaca petunjuk arah akhirya pintu keluar pun terlihat, setelah berjalan kaki sekitar 5 menit ketemu juga dengan St. Daimon (E20) Magenta Line. Yang membuat saya kaget ternyata fasilitas eskalator yang sangat terbatas hanya ada 1 pilihan kalo tidak naik ya turun. Tidak ada keduanya, apalagi letak subway berada di tingkat level paling bawah di perut bumi. Wah saya pun mulai kelelahan, apalagi geret koper besar lumayan menguras tenaga heheIng

Perjuangan masih belum berakhir setelah sampai dan keluar mencoba mencari Hotel yaitu New City Shinjuku, padahal saya sudah mencatat manual tapi ko tidak terlihat ya, Akhirnya saya mencoba bertanya kepada orang2 di jalan lagi. Kai ini bertemu 2 anak muda yang tanpa basa basi langsung mengambil alih koper yang saya pegang untuk di bantu lalu mengantarkan nya langsung di depan lobby hotel. Wah saya bisa juga merasakan keramahan penduduk kota Tokyo yang selama ini saya baca.

Setelah menitipkan koper di Hotel berhubung check-in time jam 3 sore, padahal kami sampai baru pukul 12 siang. Mau tak mau saya haru memanfaatkan waktu yang ada. Tujuan berikutnya adalah makan siang berhubung perut sudah lapar. Untung ada Family Mart (convenience store) dekat hotel. Kenorakan saya pun di mulai dengan melihat lihat isi nya dengan teliti dan seksama.

Petualangan saya di Tokyo ini memang sangat singkat berhubung cuti memang tidak bisa lama. Jadi saya hanya memang fokus ke pusat turis yang sangat umum saja.  berikut ini summary nya

Day 1 - Asakusa
Day 2 - Meiji Jinggu, Shibuya Crossing Road, Hachiko
Day 3 - Shinjuku Goyen, Akhihabara, Tokyo Metroplitan Building
Day 4 - Gotemba, Mt Fuji

Cerita lengkap saya lanjutan di tulisan lain nya
Beberapa tips :
  • Koneksi internet wajib di hp karena akan di butuhkan banyak petunjuk dari Google Map, Translator dan update status tentunya.
  •  Buat yang muslim harus bener2 hati hati karena hampir semua makanan di Jepang tidak halal. sebaiknya di google saja resto mana yang halal dan rekomen banyak orang pastinya
  • Luangkan juga waktu untuk explore Drug Store karena akan sangat menyenangkan buat para wanita banyak Beauty Care, Skin Care juga Kosmetik yang murah tapi brand nya ternama seperti Kose atau Shisedo
  • Sebelum menentukan moda transportasi apa, tenttukan dulu mau ke mana saja karena itu akan tergantung apakah kita harus membeli JR Pass, Suica, Subway. Bis atau manfaatkan free shuttle bus dari Hotel.
  • Jangan lupa ucapkan terima kasih dengan membungkukkan badan, kapan lagi kita bisa lakukan itu karena ga mungkin kalo sudah balik ke Jakarta.

Jakarta, April 2017
Asakusa (Dok,. Pribadi)

Meiji Jinggu (Dok Pribadi)

Menikmati Tokyo hanya 4 hari saja Menikmati Tokyo hanya 4 hari saja Reviewed by yuli harry on 6:54:00 PM Rating: 5