Like us on Facebook

Mengurus Perpanjang Paspor Anak tanpa bantuan Calo, Mudah dan Lancar

Dok Pribadi
Mengurus paspor sendiri baik itu bikin baru atau perpanjangan ternyata gampang dan mudah loh. Saat paspor anak sudah expired, saya pun ingin mencoba kemudahan itu, berhubung dari pengalaman beberapa orang yang saya baca di blog mengurus sendiri tidaklah ribet. Memang di butuhkan komitmen meluangkan waktu saat pengurusan berhubung kita sendiri yang urus mulai dari antri saat ambil no juga pengambilan pasport selesai.

Kami memilih perpanjangan pasport biasa dengan datang langsung ke kantor imigrasi. Berhubung bulan puasa, setelah selesai Sahur sekitar jam 4.30 pagi langsung meluncur ke kantor Imigrasi Jakarta Pusat. 

Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat (Dok Pribadi)
Saat ini antrian pelayanan pasport tidak di batasi lagi dengan kuota no seperti sebelumnya tapi sekarang dengan pembatasan pengajuan permohonan pasport melalui batasa waktu yaitu pukul 07.30 AM - 10:00AM.

Saat tiba di lokasi sekitar jam 5 pagi kami pun langsung antri berbaris dan mendapat no 4 sementara Gerbang kantor masih tertutup sekitar jam 7.30 pagi baru di buka. Lumayan pegel ya tapi justru itu seni nya mengurus pasport sendiri. Kalo lewat calo kan mereka yang akan mengantri buat kita.

Berikut dokumen yang saya persiapkan, sebelumnya saya juga sempat mencheck juga di google serta pengalaman orang2 orang sebelumnya :

1. Pasport lama
2. Akte kelahiran anak
3. Ijasah terakhir anak
4. Surat pernyataan Orang Tua (blanko dapat di beli di koperasi)
5. Pasport Orang tua (Ayah/Ibu)
6. Buku Nikah Orang Tua
7. KTP Orangtua (Ayah/Ibu)
8. Kartu Keluarga
Semua dokumen di atas di photoocpy di kertas ukuran A4. Dan jangan lupa dokumen asli di bawa. Harap di ingat ya untuk KTP kalo di copy jangan di gunting seukuran KTP nya. Dan untuk surat pernyataan orang tua dapat di beli di Koperasi dengan Rp. 10.000. Setelah selesai di periksa kelengkapan oleh petugas kita pun akan di beri nomor antrian untuk wawancara dan photo. Kita pun di beri  Map kuning yang berisi semua dokumen tadi.


Letak counter untuk wawancara dan photo ada di lantai 2. Saat kami naik ke atas sudah banyak juga yang menunggu, dari pantauan saya tidak terlihat calo atau agen biro jasa seperti saat saya mengurus perpanjangan tahun 2015. Kali ini terlihat ramai tapi teratur tidak semrawut dengan banyaknya calo2 yang bolak balik memegang map dan terlihat menunggu clientnya datang.

Background photo adalah putih ya, jadi sebaiknya pakai baju yang berwarna agar terlihat kontras. Hari itu kebetulan anak saya pakai baju putih jadi sempat tukar baju dengan bapaknya yang kebetulan pakai baju hitam. Dan jangan lupa pakai sepatu dan jangan pakai sendal. Selain tidak sopan terdapat juga peraturan tertulis. bisa bisa di tolak nanti saat wawancara kan sayang sudah cape antri di tolak.

Saat wawancara hanya pertanyaan standar yang di tanya, seperti mau kemana dan dengan siapa. Malah anak saya sempat di godain apakah sudah punya pacar atau belum hehe. Petugas nya ramah2 dan walau saya lihat masih rada lamban ya kerjanya tapi jauh lebih baik loh.

Selesai urusan photo kita akan di beri kertas kecil, kertas tersebut untuk di tukar dengan resi pembayaran di keesokan harinya. Banyak info dari teman, sebelumnya pembayaran dapat di lakukan di hari yang sama, tapi sepertinya saat ini tidak bisa lagi. Keesokan hari nya pun kami datang kali ke 2 untuk menukar dengan resi lalu melakukan pembayaran di Bank BNI sebesar Rp. 355.000/anak Kebetulan bank BNI ada persis di samping kantor imirasi. Beres urusan pembayaran kita kembali ke Imigrasi untuk di berikan setempel/jadwal kapan pasport akan selesai.

Total di butuhkan 7 hari kerja dalam proses ini. Senin datang wawancara photo, Selasa bayar, Senin depan pun pasport sudah jadi. Gampang ga sulit. Selamat mencoba.

Jakarta, June 2017
Mengurus Perpanjang Paspor Anak tanpa bantuan Calo, Mudah dan Lancar Mengurus Perpanjang Paspor Anak tanpa bantuan Calo, Mudah dan Lancar Reviewed by yuli harry on 10:11:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.