Like us on Facebook

Kuil Sri Maha Mariamman - Object Wisata sekitar daerah China Town Kuala Lumpur


Ruang Utama (Dok. Pribadi)
Awalnya saya tidak sadar jika kuil ini hanya sekitar 100 meter dari Submarine Guest House tempat saya menginap di Jl. Tun H.S. Lee. Merupakan temple atau kuil umat Hindu tertua di Malaysia. Di wikipedia kuil ini di sebutkan merupakan Kuil pribadi pada masa nya 1873 dan mulai di buka untuk umum sejak tahun 1920. 

Saat melintas di depannya saya ingin masuk tapi ragu, apakah di perbolehkan ternyata pelancong atau turis boleh masuk tanpa di pungut bayaran, hanya biaya 50sen untuk penitipan sepatu/sandal. Karena memang sepatu harus di buka. Seperti masuk masjid kali ya.

Ketika kita masuk, ada sebuah bangunan utama di tengah semacam hal. di kelilingi sudut sudut tempat pemujaan beberapa dewa. Tiap dewa ada nama nama nya, kurang lebih sama seperti di dalam Gereja Katolik yang di kelilingi para santo.

Pagi itu ada rombongan tour dari Eropa dengan di pandu guide local sayangnya sang guide bicara bahasa perancis hehe. Kalo tidak kan saya bisa ikutan nguping. Di dalam kuil ini kita dapat melakukan photo juga video, tidak di larang ko. Tentunya harus menjaga kesopanan ya karena ini tempat ibadah. Saat saya berkunjung ada seorang bayi yang sedang di berkahi atau di 'babtis' di salah satu pojok tempat pemujaan sang dewa. Mereka berdoa sangat khusuk sekali.

Sekali lagi sayang saya tidak mengetahui nama dewa itu dan ceritanya. Saya baru tau kalo kita dapat bertanya kepada petugas. Dari referensi yang saya baca kita dapat bertanya ko selain masuk untuk melihat2 juga mengagumi bangunan nya yang indah.



Selain Kuil Sri Maha Maimamman yang di sucikan ada juga Object wisata Batu Caves tempat pemujaan umat Hindu populasi umat Hindu India cukup tinggi di Kuala Lumpur di samping umat islam sendiri.
Kuil Sri Maha Mariamman - Object Wisata sekitar daerah China Town Kuala Lumpur Kuil Sri Maha Mariamman - Object Wisata sekitar daerah China Town Kuala Lumpur Reviewed by yuli harry on 4:15:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.