Like us on Facebook

Batu Caves, Selangor Kuala Lumpur - Objek Wisata yang harus di datangi

Area depan (Dok. Pribadi)
Kalo kita ke Singapore tidak sah rasanya tidak berkunjung ke Patung Singa sedangkan kalau melancong ke Malaysia rasanya tidak sah juga kalo tidak datang mengunjungi dan berphoto di Batu Caves. 

Ini kali ke 3 saya menginjak negri Jiran ini tapi baru kali ini ada kesempatan datang ke Batu Caves. Tempat ini merupakan batu karang dan gua yang letaknya sekitar 13KM dari pusat kota. Tempat ini juga merupakan situs ziarah bagi umat Hindu India di luar Malaysia. 

Untuk menuju tempat ini tidak lah sulit. Saya naik dari KTM Komuter daru Stasiun Kuala Lumpur dengan rute "KualaLumpur-Bank Negara-Putra-Sentul-Batukentonmen-Kampung Batu-Taman Wahyu dan berakhir stasiun Batu Caves.



Patung Hanuman (Dok, Pribadi)

Terlihat di area parkit banyak sekali bus rombongan dan bus tour. Area ini sangat lah luas dan tidak di pungut biaya apapun untuk masuk, kecuali ingin masuk ke Gua Ramayana yang letak nya di sebelah kiri. Tertulis 5 RM alias Rp. 15.000 dan loket nya pun sederhana hanya ada 1 petugas wanita yang duduk di depan gerbangnya.

Di depan nya terdapat patung besar dengan tinggi kurang lebih 15 meter berwarna hijau dengan buntut/ekor dan benar adanya patung ini adalah Patung Hanuman.

Di sekitar depan nya banyak sekali terdapat monyet2 liar yang bebas bergerak ke mana mana, bergelayut dari pohon ke pohon. Siang itu ada petugas yang memberi makan dengan melempar potongan buah2an seperti pepaya, semangga dan pisang ke pohon2 tempat mereka berada.

Gua Ramayana (Dok. Pribadi)
Kata kata bijak (Dok. Pribadi)
Ada yang menarik saat saya melongok dari luar Gua Ramayana ini, ada kata kata bijak yaitu di sebuah monumen:

Whatever happened was good
Whatever is happening is also good
Whatever will happening that also will be good
What did you lose that you are crying for ?

What did you created that is destroyed
Whatever you have taken is taken only from here
Whatever you have given, is given only from here

Whatever is yours today will belong to someone else tomorrow on another day. It will belong to yet another
by Bhagavan Sri Krishna

Luar biasa ya kata katanya. Sunguh perenungan yang bagus buat kita semua
.


Sayang saat itu sedang ada renovasi jadi photo dengan Patung raksasa Dewa Murugan nya kurang maksimal. Ajakan untuk naik ke tangga menuju Gua Kathedral saya tolak berhubung 3 Jalur anak tangga sebanyak 274 itu hanya 1 yang di buka dan di padati oleh pengunjung. Jadi saya nyerah dech. Maybe next time. Padahal dari referensi yang saya baca2 di atas sana udaranya sejuk dan sangat indah.
Batu Caves, Selangor Kuala Lumpur - Objek Wisata yang harus di datangi Batu Caves, Selangor Kuala Lumpur - Objek Wisata yang harus di datangi Reviewed by yuli harry on 5:20:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.