Like us on Facebook

Pilih mana ? Buku Bacaan atau Browsing - Travel Tips


Baca dulu sebelum berangkat (Dok. Pribadi)
Saat ini kita dapat dengan mudahnya cari informasi di internet. Apalagi di era digital semua dapat di temukan dengan gampang. tinggal ketik lalu klik langsung muncul.  Begitu juga dengan mencari panduan tempat wisata yang menarik, hotel yang di rekomendasi serta tempat makan  favorit, promo tiket murah serta penawaran wisata menarik lainnya.
Tidak ada keraguan karena banyak nya referensi yang tersedia termasuk banyaknya catatan perjalanan. Dengan rajin browsing lalu membaca pengalaman orang orang dan survey dan bandingkan sana sini,  lalu menganalisa nya kita pun dapat menyusun rangkain jadwal perjalanan atau Itinerary sesuai kebutuhan. Solo Traveling akhir akhir banyak di lakukan terutama anak muda. Menjelajah suatu negara seorang diri menjadi sangat mungkin.
Buku Panduan (Dok. Pribadi)
Sebelum era "googling aja" datang di sekitar tahun 1998. Referensi yang kita dapatkan kebanyakan dari buku yang di tulis oleh orang2 yang telah melakukan perjalanan ke suatu tempat. Saya ingat buku pertama yang di kenalkan ke saya saat itu adalah "Perjalanan Asia" by Gola Gong. Bagi yang tahu buku ini pasti dapat merasakan serunya perjalanan sang penulis Gola Gong ke 8 negara di Asia, apalagi mengingat keterbatasan fisiknya. Hebatnya di lakukan dengan bersepeda. Dengan membaca buku ini kita seakan akan ikut berpetualang dengannya.

Perjalanan Asia by Gola Gong (Dok. Pribadi)
Ada juga buku seri "Lonely Planet" yang merupakan kitab suci para penjelalah dunia. Terutama para pelancong dengan budget terbatas. Serial buku ini sudah berumur lebih dari 40 tahun. Dengan judul pertama yang di tulis oleh sepasang suami istri yaitu "Across Asia on the Cheap". Yang sudah menginspirasi banyak traveler dari Eropa.

Lonely Planet
Buku Lonely Planet menjadi document sangat penting setelah passport dan tiket. Karena panduan di dalamnya sangat lengkap. Banyak sekali orang2 yang bepergian ke suatu negara hanya dengan bermodalkan buku ini. Lonely Planet telah banyak membantu orang paling tidak tersesat. Tak jarang kita kadang melihat bule bule yang datang ke Indonesia menenteng buku ini karena saya tidak pernah melihat mereka memegang smartphone, beda ya dengan kita kalo ke Luar Negri,

Saya sendiri pada saat membuat itinerary mencari informasi dengan mengkombinasikan 2 hal tersebut yaitu buku dan browsing. Jika mengunjungi toko buku, area di mana buku panduan wisata masih menjadi spot idola saya. Walaupun belum ada rencana perjalanan ke negara tersebut tidak salah kan kita membaca dan mempelajarinya sebelum saatnya tiba berkunjung.

Best Seller by Claudia Kaunang (Dok. Pribadi)
Pilih mana ? Buku Bacaan atau Browsing - Travel Tips Pilih mana ? Buku Bacaan atau Browsing - Travel Tips Reviewed by yuli harry on 10:33:00 PM Rating: 5

1 comment:

  1. Kalau aku kombinasi keduanya. :) Walau begitu, pejalanan bisa fleksibel, kalau terlalu terpaku ke itinerary bisa stress hehe

    ReplyDelete

Powered by Blogger.