Like us on Facebook

Bermalam di Changi Singapore

Ga salah ni ? Begitu response saya ketika mendengar rencana trip saya kali ini. Tidak yakin dengan hal ini saya pun coba cari tahu via Google dengan keyword "menginap di changi". Wah ternyata banyak juga pengalaman orang orang yang sudah mengalami nya dan aman aman aja sepertinya. Ok lah saya setuju. Rencana pun mulai di susun.

Gerbang Imigrasi Kedatangan di Changi Aiport (Dok. Pribadi)
Kenapa harus menginap atau begadang, ya karena harga tiket murah atau promo biasanya landing di saat tengah malam.

Perjalanan saya kali ini Take off pukul 09:45 PM dari Terminal 2D Bandara Soekarno Hatta dan tiba di Changi 00:45 AM di Terminal 1.

Bagi yang memegang tiket connnection flight bisa dengan nyaman menikmati tidur di area yang sudah di sediakan oleh pihak Bandara tapi jangan sekali mencoba jika memang penerbangan kita berakhir di Changi. Menurut beberapa cerita saat patroli datang berkeliling di jam 03:00 AM kita akan di usir untuk segera keluar nanti akan di tambah di omeli oleh pihak imigrasi, Jika sial bisa bisa kita tidak di izinkan masuk.

Dari beberapa bacaan perjalanan teman2 di blog nya, saya menyimpulkan tempat nongkrong selama menunggu pagi kebanyakan merujuk di area McDonald di Terminal 2 lantai 1. Dengan membeli 1 gelas Kopi sudah sah lah bagi kita untuk duduk di situ. Tapi kali ini saya malah memilih pojokan di dekat GST Refund Terminal 2 Lantai 2. Karena pojokan itu memang sepi. Dan dekat juga dengan Toilet, kapan saja jika kebelet hehe bisa gampang.

Gerbang Kedatangan di Terminal 1 (Dok. Pribadi)
Bagi yang belum tahu, MRT menuju kota beroperasi mulai pukul jam 06:00 AM dan terakhir di pukul 11.30 PM. Satu satunya transportasi yang ada adalah Taxi yang mana rate nya jauh lebih mahal jika di bandingkan siang hari. Saat check-in di Hostel pukul 11:00 AM jadi tidak mungkin kita berkeliaran di Kota kecuali kita menginap di Hotel yang memungkinkan untuk check-in kapan saja. Jadi memang lebih aman tetap di bandara.

Malam itu banyak sekali yang menginap alias begadang dan tidak hanya traveller tapi ada banyak mahasiswa dan pelajar yang sengaja ke Changi untuk belajar, alasan mereka sepi jadi lebih bisa konsentrasi. Dengan bergerombol dengan beberapa teman, mereka duduk d beberapa Kopi shop yang masih buka. Seru juga lihatnya jadi ingat dulu sering belajar kelompok masa sekolah dulu.

Di Changi tidak banyak kita bisa ketemu colokan listrik. Di area tengah termina ada 'Charging Stasiun" jadi tidak perlu takut low-batt karena ada banyak colokan buat banyak orang. Jangan lupa bawa colokan 3 untuk negara Singapore ya.

Karena saya sendiri belum ngantuk sekitar jam 2.30 AM saya pun berkeliling sambil mengusir kebosanan lalu bertemu 3 oarang Tentara Singapore yang sedang patroli, dengan posisi tangan siap menembak hihi serem juga lihatnya. Dan saya merasa janggal karena mereka bertiga berkacamata. Hanya 1 orang yang badan nya tegap seperti tentara lainnya, 2 lainnya badannya kecil seperti anak SMA hehe culun.

Jam pun menunjukkan pukul 03:00 AM dan beberapa orang yang tadi duduk duduk bercerita mulai gelar tikar alias tidur di lantai dengan memakai alas handuk atau kain sarung. ada juga yang tidur di kursi. Semua nya tampak tidur dengan pulas. Saya juga mulai ngantuk dan sempat tertidur sekitar 1 jam. Karena ketika jam 05:00 AM suasana pun mulai ramai dengan orang2 yang berdatangan entah itu airport crew atau penumpang. Orang2 yang tadi tidur mulai bangun dan siap siap menuju MRT menuju kota. Begitu pun dengan saya dengan mata yang masih ngantuk karena nanggung tidurnya. Tapi sungguh ini pengalaman baru yang seru juga di jalankan.

Tips :
  1. Bawa bekal makanan yang cukup karena saat bermalam jika perut lapar tidak banyak restaurant yang buka. yang ada Kopi Shop itupun beberapa yang buka 24 jam. Saya sendiri bawa nasi bungkus lumayan buat ganjel perut selain irit di jamin perut kenyang karena makan nasi.
  2. Bawa alas tidur yang akan nyaman di pakai untuk tidur di lantai. Dan kaos kaki yang tebal, jacket tentunya karena udara sangat dingin. Juga penutup mata karena lampu terminal tidak ada yang mati jadi cukup silau untuk tidur.
  3. Bawa botol minum kosong untuk dapat di isi dengan "Tap Water" yang tersedia di beberapa sudut. Jadi tidak perlu beli air minum dan bisa minum sepuasnya.
  4. Bawa buku bacaan untuk mengusir kebosanan jika belum mengantuk.
Bermalam di Changi Singapore Bermalam di Changi Singapore Reviewed by yuli harry on 10:42:00 PM Rating: 5

2 comments:

1. Halo, saya berencana ikut penerbangan malam ke Singapore, dan jam nya persis seperti di tulisan ini. Mohon info untuk lokasi tidur di bandara changi nya itu setelah melewati imigrasi atau sebelumnya ya ? Terakasih

ReplyDelete
    Replies
    1. setelah melewati imigrasi, jangan kwatir banyak orang seperti kita. Dari pengalaman asyik2 aja ko. berhubung ac nya sangat dingin jangan lupa bawa jaket ya