Like us on Facebook

Semalam di HatYai Thailand Selatan

Border Thailand - Malaysia (Dok.Pribadi)
Jika kalian berada di Kuala Lumpur dan masih ada waktu 1 hari lagi sebelum pulang ke Indonesia, mengunjungi kota Hatyai di Thailand Selatan bisa menjadi salah satu alternatif tujuan.
Ada 3 moda transportasi yang dapat di gunakan yaitu Pesawat, Kereta Api dan Bis. Bagi kaum backpackers yang kantong nya pas-pas an, pastinya Bis merupakan pilihan bijaksana selain harga murah jadwal keberangkatan pun sangat beragam.
Berangkat dari  stasiun Bis  Pudu Raya di pusat kota Kuala Lumpur dan akan tiba di Hatyai terminal bis nya yang berada di pusat kota. Hatyai merupakan kota besar pertama di Thailand selatan dan berhadap langsung dengan batas negara Malaysia. Saat saya melalukan perjalanan ini sebenarnya tidak sengaja setelah training kantor selama 3 hari di Kuala Lumpur di bulan Juni 2008 selesai.

Sampai di Pudu Raya kesan saya terminal bis ini seperti layaknya terminal bis yang ada di Jakarta hanya tampak lebih rapi dan bersih tentunya. Sayang sekali ternyata tiket yang tersedia hanya keberangkatan malam, Jadwal yang siang sudah penuh. Padahal saya sudah membayangkan akan menikmati pemandangan sepanjang perjalanan di siang hari.

Sebelum berangkat saya berniat sholat isya di Terminal Pudu Raya,waktu itu pukul 07.30 PM waktu KL tapi kata petugas Mushola yang ternyata orang Indonesia bahwa waktu Isya di KL yaitu 08.30 PM. Lupa kalo beda waktu hehe. Ok lah masih ada waktu karena bis berangkat pukul 10:00 PM.

Lama perjalanan yang di tempuh sekitar 8 jam tergantung dari kondisi lalu lintas. Kurang lebih seperti Jakarta - Lampung jaraknya. Berangkat malam akan tiba di pagi hari. Bis akan berhenti untuk istirahat sekitar 15 menit bagi penumpang yang ingin break ke Toilet serta membeli minuman ringan. Bis akan masuk ke rest area/ istirahat di titik yang telah di tentukan.

Rest Area (Dok. Pribadi)
Saat lewat tengah malam kami sudah sampai di perbatasan negara Malaysia dan Thailand. Bis bis pun berjejer dengan rapi, di depan semacam gerbang tol begitu. Sang kenek bis pun berteriak cukup kencang dengan membangunkan orang orang yang masih tidur dengan ucapan "beg beg" (maksudnya "Bag")  berkali kali. Ternyata kami di suruh turun semua dan mengambil tas bawaan masing masing.

Tempat pemeriksaan Imigrasi Sebelum masuk ke Malaysia (Dok. Pribadi)
Saat kami turun segera mengambil posisi berbaris untuk pemeriksaan paspor satu satu. Terlihat beberapa orang tampang nya masih ngantuk berat atau mungkin juga kaget di bangunkan tiba tiba.

Tentunya ini pengalaman baru saya, biasanya izin masuk ke negara tertentu atau Visa di dapatkan di Bandara Udara. Kali ini dengan tampang yang masih mengantuk mengantri dengan tertib demi mendapatkan cap stempel atau izin masuk negara lain.

Saat kami di Hatyai di pagi hari, segera langsung mencari alamat Guest House yang memang sudah saya reserve sebelumnya. Menemukannya gampang gampang susah karena saya sudah membawa peta dan ketika coba bertanya tidak satupun yang berbahasa inggris. Kamar guest house di Louise Guest House sederhana tapi bersih loh saya lupa berapa harganya saat itu tapi yang pasti sangat terjangkau.

Ruang lobby nya cukup menarik karena banyak sekali photo sang Raja Bumi Bol bermacam macam dalam berbagai ukuran. Sayang saya tidak sempat photo.

Cukup menarik melihat photo sang Raja satu persatu karena Raja ini sangat di cintai oleh seluruh lapisan rakyat nya. Mengingat sang Raja juga masa kecil dan remaja tinggal di Amerika dan sangat menarik kisah hidupnya.

Tidak banyak kegiatan yang saya lalukan selain memang hanya berencana cuma 1 hari saja, selesai mandi perut terasa lapar kamipun mencari makan serta beli tiket bis untuk kembali ke Kuala lumpur keesokan harinya. Saya sempatkan memberi beberapa Tshirt khas Thailand dengan gambar gajah dan souvenier lainnya.

Ketika jalan jalan di sekitar kota ada banyak yang menarik perhatian salah satunya ketika saya melihat logo McDonald ini, mengingat sedikit sekali penduduk yang bisa berbahas inggris.
Mc Donald di Hatyai (Dok. Pribadi)
Semalam di HatYai Thailand Selatan Semalam di HatYai Thailand Selatan Reviewed by yuli harry on 7:50:00 PM Rating: 5