Like us on Facebook

Tempat Makan Populer di Bandar Lampung

Ada yang pernah berkunjung ke Lampung ? Ibukota nya Bandar Lampung, propinsi paling ujung letaknya di pulau Sumatera. Sejak tahun 1964 Lampung berdiri sendiri sebelumnya adalah bagian dari Sumatera bagian Selatan. Lampung memang kurang populer di banding kota lain di Sumetara yaitu Padang, Medan atau Palembang, padahal posisi nya sangat strategis yaitu pintu keluar masuknya distribusi barang dan perdagangan dari pulau Jawa. 

Banyak tempat wisata yang cukup menarik yang dapat kita telusuri begitu juga wisata kuliner nya. Dari sekian banyak makanan populer bagi masyarakat Lampung sendiri maupun turis local, berikut daftar tempat makan favorite menurut saya dan jangan lupa jika sudah datang ke kota ini.

Bakso Sony (Son Haji)



Jangan bilang pernah ke Lampung kalo belum coba makan bakso ini. Bakso legendaris karena memang sangat special. Bakso Sapi yang terasa banget dagingnya. Produksi bakso yang dihasilkan dari rumah potong sendiri oleh Pak Haji Soni guna untuk menyuplai cabang2nya yang sudah tersebar di seluruh kota Bandar Lampung.

Harga sangat terjangkau Rp.15.000 untuk semangkok bakso dengan jumlah 7 pcs. Selain itu menu lain yg tersedia yaitu Mie Ayam dan aneka minuman lainnya.

Di jamin akan ketagihan karena rasa bakso asli tanpa bahan pengawet. Dan bakso dapat juga di bawa untuk oleh2 dalam bentuk kering tapi hanya bisa tahan 2 hari yang menandakan tidak ada nya bahan pengawet. Bagi yang penasaran saya lihat banyak juga yang jual secara online berikut bumbu untuk kuahnya. Tapi kalo mau datang ke cabang Jakarta juga Jl. Tbet Raya No. 10.


Jumbo Kakap Resto SeaFood

Jumbo Kakap (Dok Pribadi)
Lokasi di kawasan China Town yaitu daerah Teluk Betung, restaurant ini rada cukup gampang2 susah mencarinya, tapi jika yang sudah tau lokasi toko oleh Yen2 akan mudah menemukannya karena memang berada dalam satu jalan yaitu di Jl. Ikan Kakap No 45. 

Restaurant ini selalu rama karena memang harga memang sangat terjangkau dan rasanya pun cocok dengan selera penikmat seafood dan pas untuk santap makan malam dengan keluarga.


Pempek Tenda Biru

Pempek Tenda Biru (Dok.Pribadi)


Selain merek pempek lain yang sudah terkenal, Pempek Tenda Biru ini juga sangat kondang loh, ber alamat di Jl. ZA Pagar Alam. Menu yang tersedia juga standar seperti yang lain, Adaan, Pempek Selam, Lenjer, es Kacang Merah, Tekwan juga Lenggang,

Ada satu menu yang saya selalu harus di pesan jika berkunjung ke sini yaitu menu pempek Model, kenapa ya karena di Jakarta sangat jarang menu ini ada, nga tau juga kenapa ya.

Jika ingin di bawa untuk oleh2 juga bisa, paket tersedia dengan banyak variasi jenis dan harganya.



RM Puti Minang

RM Puti Minang
Bagi yang sudah sering bolak balik ke Lampung, pasti tau dengan rumah makan ini, cabang yang banyak tersebar di setiap sudut kota yang di antaranya buka 24 jam. Menu makanan pasti bisa di tebak dengan nama nya yaitu Padang. Menjadi special karena untuk nasi tambahan di gratiskan jadi bisa makan sepuasanya. 

Menu favorite saya yaitu ayam panas karena memang di sajikan panas panas apalagi dengan buliran halur telur terasa beda dengan ayam goreng biasanya. Dengan harga yang sangat terjangkau di banding RM Begadang yang harganya di atas rata rata.


Nasi Uduk Mat Kribo

Nasi uduk Mat Kribo
Kenapa namanya Mat Kribo ? gampang karena penjualnya rambutnya Kribo hehe. Tempat nya sangat sederhana bukan di toko atau restaurant tapi hanya tenda di pinggi jalan kawasan Jl. Kartini, Bandar Lampung. Soal rasa boleh di adu dengan yang lain. 

Mat Kribo ini sudah berdagang jauh sebelum nasi uduk terkenal lain yang mulai bermunculan sekitar tahun 1990. Harga yang sangat terjangkau dengan lauk 1 potong ayam goreng sekitar Rp. 20.000 cukup dapat menenangkan perut yang lapar apalagi ditambah harumnya aroma nasi uduk yang special ini. Jam operasional bisa di duga karena memang tenda di depan pelataran toko yaitu malam hari. Jadi saat malam rasa lapar datang langsung aja meluncur ke sini ya.

PINDANG RIU

Ada yang suka dengan olahan khas Palembang ini ? Sop Ikan Pindang Riu Meranjat dengan pilihan ikan Patin atau Ikan Paung, sangat pas di santap pada siang hari. Bagi yang belum pernah tau apa itu Pindang yaitu olahan sejenis sop dengan kuah yang asam asam segar sedikit pedas. Selain menu Pindang ada juga sajian seafood yang lain seperti udang, cumi, gurame goreng/bakar dan juga yang paling favorit adalah toge teri Medan nya. Saya sendiri paing suka Ikan Seluang goreng dan sambal Tempoyak nya.

Beberapa cabang yang tersebar di kawasan Way Halim, Gantung, Rajabasa juga jl. Pramuka, restaurant ini selalu rama di kunjungi dengan terlihat tempat parkir yang selalu penuh baik siang atau malam, dan suguhan Live Music yang memang menjadi standard di beberapa tempat makan di Lampung. 

Pondok Lesehan Pindang Riu Bandar Lampung

Pindang Riu Meranjat (Dok.Pribadi)

Nasi Uduk Toha


Siapa yang tidak kenal dengan Nasi uduk Toha, paling populer setelah Nasi uduk Mat Kribo, ber alamat di Jl. Kartini sebagai pusatnya. Dan cukup tragisnya berhadapan langsung dengan Tenda nasi uduk Mat Kribo hehe. Cabang lain ada di Jl Diponegoro daerah Teluk dan Jl. Antasi di Sukareme.

Menu utamanya Ayam goreng juga dengan pendamping Tahu Tempe, Ati Ampla juga Pete. Nasi dan sambel nya terasa beda, memang pulen dan enak rasanya. Di lengkapi dengan lalapan dan Emping.

Nasi uduk Toha

Nasi Uduk Toha (Dok.Pribadi)
Sekian beberapa tempat makanan populer di Bandar Lampung, masih banyak tempat lain yang ga kalah popoler lain waktu saya sambung lagi ya....

Tempat Makan Populer di Bandar Lampung Tempat Makan Populer di Bandar Lampung Reviewed by yuli harry on 4:56:00 PM Rating: 5

1 comment:

  1. Makasih infonya, Ada info juga nih buat yang baca : sudah hadir pusat oleh-oleh Lampung terbesar Aneka Sari Rasa yang terjamin dan terpercaya, kalian ragu? Dateng aja ke lapak kite di Jl.Ikan Kakap No.26 & 28, Teluk Betung, Bandar Lampung. telp.(0721)-5630988. http://anekasarirasaoleholehlampung.blogspot.co.id http://anekasarirasa.blogspot.co.id http://ririskagultom.blogspot.co.id http://pujiaku.blogspot.co.id http://bernardinusap.blogspot.co.id http://usahakanaku.blogspot.co.id http://apelaja.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Powered by Blogger.