Like us on Facebook

Numpang sholat di Masjid Sultan Singapore

Sudah ada dalam list itinenrary saya kali ini ke Singapore harus mampir dan numpang sholat di Masjid pertama yang di bangun di kota ini. Masjid yang sangat bersejarah di bangun awal tahun 1826. Dan juga merupakan salah satu tujuan para turis dan pelancong. 

Kebetulan saya menginap di daerah Bugis. Hanya berjalan kaki kurang lebih sekitar 1KM ke arah North Bridge. Begitu memasuki area Arab Street berarti kita sudah hampir sampai, dengan mengenali bentuk bangunan rumah masih terlihat asli, kental sekali pengaruh Cina dan Melayu.
Arab Street (Dok.Pribadi)
Berhubung saat tiba waktu tengah hari saatnya makan siang, kamipun mampir di rumah makan Padang di salah pojok Masjid, Dan menurut kabar rumah makan ini terkenal buat pelancong dan harus makan di sini katanya kalo ke Masjid Sultan dan memang sajian makanan nya terlihat menarik dan menggugah selera persis seperti di RM Padang di Indonesia dan harganya juga ga murah loh lumayan lah seperti kita makan di mall di Jakarta.

Rumah Makan Padang di Pojokan Masjid Sultan (Dok.Pribadi)

RM Padang - Masjid Sultan Singapore (Dok.Pribadi)
Setelah kenyang baru dech kami mulai jalan memasuki ruang masjid dan mengagumi indahnya bangunan di dalam nya. Masjid ini mengalami renovasi tahun 1924 lalu perbaikan tahun 1960 dan 1993. Kini Masjid yang dapat menampung 5000 jemaah ini  mendapat pengakuan th 1975 sebagai monument nasional dan saat ini di miliki oleh Majelis Islam Singapore (MUIS). Saatnya azan Zuhur saatnya waktu sholat. Terlaksana juga numpang sholat di masjid yang bersejarah ini.


Dok Pribadi
Dok Pribadi
Ruang Dalam Masjid Sultan (Dok.Pribadi)

Lantai atas untuk Wanita (Dok.Pribadi)

Audiorama tentang Islam - Di pojokan Masjid Sultan (Dok.Pribadi)
Dan saat kami di sana, ada pemandangan menarik yaitu di langsungkan sebuah akad nikah yang memang lazim di lakukan di sebuah masjid seperti hal nya masyarakat kita juga, walau ada juga akad nikah di lakukan di rumah sang perempuan. Uniknya kamipun mendapat cendera mata dan sepucuk risih. Entah apa maknanya daun suruh tersebut.

Akad Nikah di Masjid Sultan (Dok.Pribadi)

Dapat souvenier dan daun sirih (Dok.Pribadi)
Masjid ini berada di lokasi Kampung Glam yaitu perkampungan masyarakat melayu tradional pada zaman itu nanti kita bahas di postingan berikutnya ya.
Numpang sholat di Masjid Sultan Singapore Numpang sholat di Masjid Sultan Singapore Reviewed by yuli harry on 10:41:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.