Like us on Facebook

Menikmati terbang dengan Garuda Indonesia

Garuda Indonesia (Dok.Pribadi)
Selalu ada rasa yang lain jika kita mulai memasuki cabin, perasaan yang menyenangkan tentunya, di sambut salam ramah dari Pramugari serta di iringi lagu instrumen daerah yang khusus di arransement ulang oleh Addie MS khusus untuk Garuda.

Seorang teman bertanya dengan penasaran kenapa setiap berpergian saya selalu menggunakan maskapai terbaik di negeri ini yaitu Garuda Indonesia. Dan saya tersadar benar juga karena dari semua catatan perjalanan saya selama ini sekitar 95% naik "burung besi" yang namanya sesuai dengan nama burung yang di pakai juga sebagai lambang ideologi kita yaitu Pancasila yang di lambangkan sebagai burung yang paling perkasa.

Kita semua tau harga tiket nya memang di atas rata rata maskapai yang lain. Tapi jika mengingat beberapa hal yang keunggulan harga tersebut menjadi Affordable bagi saya berikut catatan nya :
    1. Jadwal yang selalu ontime, bukan berarti tidak delay si, pernah dulu saya mengalami delay dari Jogya - Jakarta tapi lebih karena faktor cuaca, juga pernah di karenakan imbas dari perjalanan dinas President di hari yang sama. Intinya delay nya masih acceptable bukan seperti di berita yang ada, Ada penumpang yang sampai marah karena pemberitahuan yang sepihak. Saya pernah di telpon Petugas ground staff dari Garuda saat otw ke airport mengenai pemberitahuan delay, at least saya jadi tahu dan ga perlu buru buru juga. 
    2. Petugas yang ramah dan selalu siap membantu, saya ada pengalaman karena macet yang parah di jalan tol, akhirnya saya lapor dan minta tolong di bantu check-in karena saat itu check-in time nyaris tutup, tapi  sekarang dengan ada nya fasilitas moble check-in jadi ga perlu repot lagi dan juga kita bisa dengan mudah memilih kursi.
    3. Fasilitas Unaccompanied Minor yaitu Anak di bawah umur (di bawah 12tahun) yang terbang sendiri. Anak saya beberapa kali memakai fasilitas ini ketika terbang ke Jakarta-Lampung saat liburan sekolah sementara kami orang tua tidak dapat mendampingi. Tidak ada biaya tambahan hanya dengan syarat kita sebagai penanggung  jawab mengantar dan mengisi form UM yang sudah di sediakan, Nanti anak akan di berikan tag yang di gantung di leher lalu akan di dampingin Ground Staff sampai saat masuk pesawat. Di dalam pesawat pun Pramugari akan bantu mengawasi. Saat tiba di tempat tujuan petugas Ground Staff akan mengantarkan ke penjemput yang sudah menunggu lalu menanda tangani form kembali, semacam serah terima barang gitu.
      UM Program Garuda Indonesia (Dok.Pribadi)
    4. Snack Box untuk perjalanan di bawah 1 jam (Dok.Pribadi)
    5. Kenyamanan selama perjalanan seperti permen yang di bagikan saat persiapan take off, Snack Box untuk perjalanan di bawah 1 jam dan Lunch/Dinner set untuk perjalanan di atas 2 jam serta pilihan minuman seperti kopi, teh atau softdrink. Khusus perjalanan ke luar negeri ada RedWine dan White Wine, Pilihan local koran, Inglight Magazine serta Entertaiment nya yang dapat membantu mengalihkan rasa takut saat terbang yang sering di alami semua orang. Saya sendiri biasanya banyak membaca.Oya kalo kita merasa kedinginan boleh pinjam selimut ya.
    6. Khusus anak anak di bawah umur 12, mereka juga mendapat gratis mainan, alat permainan dan khusus untuk Bayi mendapat 1 set alat toiletries (isi nya ada pampers, baby oil, tissue)
    Gratis Mainan untuk anak di bawah umur 12tahun (Dok.Pribadi)
    Teman saya juag berkomentar kalo saya banyak uang dan ga mau naik pesawat yang low cost hehe, dia blom tau ternyata karena ada banyak cara untuk bisa terbang dengan Garuda dengan murah pun bisa secara gratis, ini hal yang saya lakukan :
    1. Menjadi anggoita Garuda Miles dan mulai mengumpulkan point /miles dari penerbangan Garuda Indonesia. Syaratnya hanya perlu terbang 1x, Kartu plastik pun akan di kirim langsung ke alamat kita.
    2. Point yang kita dapat dari maskapai anggota dari Sky Team. Garuda Indonesia merupakan salah satu anggota dari Skyteam. Bisa di lihat di link ini Skyteam apa saja maskapai yang masuk dalam group ini.
    3. Point kartu kredit yang di tukar dengan Garuda Miles. Semua kartu kredit yang saya punya selalu saya reedem dengan Garuda Miles dan point yang terkumpul lumayan loh, Saya selalu dapat free ticket dari poin ini.
    4. Beli tiket saat Garuda Travel Fair, biasanya di adakan di bulan Maret dan September di setiap tahun nya. Saya pernah bandingkan harga nya dan harganya lumayan menjadi murah.
    5. Booking tiket jauh hari sebelumnya, ini memang lazim di lakukan jika ingin mendapat tiket murah, dan saya pernah lakukan itu saat saya banding kan dengan maskapai lain di tanggal keberangkatan yang sama, selisihnya ga jauh beda loh mengingat keuntungan di atas yang sudah saya jabarkan.
    CD The Sound of Indonesia (Dok.Pribadi)
    Begitu banyak hal yang menyenangkan yang saya alami selama ini dengan Garuda Indonesia, apalagi sekarang Garuda sebagai tiga besar dunia untuk kelas ekonomi dan peringkat satu dunia untuk pelayanan kabin. Jadi akan banyak hal yang dapat di kupas.
    Menikmati terbang dengan Garuda Indonesia Menikmati terbang dengan Garuda Indonesia Reviewed by yuli harry on 4:28:00 PM Rating: 5

    No comments:

    Powered by Blogger.