Like us on Facebook

LongChamp - Asli atau Palsu

Longchamp (Dok.Pribadi)
Siapa yang tidak kenal dengan merek ini, Terkenal sekali dengan model Le Pliage nya yang sangat mendunia. Di sukai banyak orang karena enteng, kuat dan tahan banting. Maka tidak heran lah banyak sekali keluar edisi palsunya. Saking ahlinya sang peniru, Tas hasil buatannya sangat mirip dengan aslinya. Dibutuhkan banyak pengetahuan untuk mengenali mana yang Asli dan mana yang Palsu. 

Berikut ulasan mba Irna Gruner (salah teman online shop saya di Facebook) ybs tinggal di Jerman dan salah satu penggiat OLS yang aktif.

 Mau share tentang per-Longchamp-an ah, biar ganjalan yang ada di kepala mencair... dan sekedar info bagi teman-teman di Indonesia yang mungkin masih awam tentang Longchamp.

Status ini ditulis bukan dalam rangka menjatuhkan nama / olshop lain, tapi untuk bertukar pikiran, informasi dan juga lebih mengarah ke kehati-hatian bagi para pecinta Longchamp dalam memilih dan membeli barang otentik, mengingat saat ini begitu marak Longchamp fake di tanah air. Bermula dari teman lama jaman sekolah dulu, juga sudah menjadi salah satu langganan sejak aku awal-awal berjualan. 

Ceritanya bulan lalu dia membeli tas Longchamp Neo warna navy (biru tua) size medium dengan harga Rp. 2,1juta (belum termasuk JNE) di salah satu olshop di Indonesia. Aku bilang, wahh sangat bagus sekali harganya kalau bisa dapat segitu, meskipun setelahnya aku jadi terpikir, ini barangnya asli atau tidak ya?? Soalnya khusus untuk seri Neo medium navy dan black, kujual dengan harga mentok Rp. 2,55jt. Sesuai alhamdulillah, gak sesuai ya bye bye.

Kebetulan, aku belum pernah melihat dan memegang Longchamp Neo fake, jadi agak kesulitan membedakan kalau sepintas dari foto saja. Ngobrol dengan teman-teman olshop lain di Jerman juga di Belanda, mereka heran dengan harga segitu, apalagi bila harga itu dibeli dari tangan kedua (reseller di indoensia). Sementara temanku ini mulanya tetep berpendapat bahwa mungkin barang itu didapat dari China (memang made in China), sehingga dapat harga lebih murah (meskipun akhirnya dia ragu) 

Lha setahuku brand Eropa itu yang paling murah ya dijual di tempat asalnya, kalau memang membeli otentik dan resmi masuk ke butik di Asia, harga pasarnya sudah pasti jauh lebih tinggi dari Eropa. Ndilalahnya koq ya si Neo medium navy ini aku cek bulan lalu di butik Longchamp Stuttgart, juga di toko tas trusted yang menjual Longchamp, memang made in China, meskipun Neo size small navy dan black ada juga yang made in Tunisia. Padahal awal-awal seri Neo beredar (emerald green, orange, plum, pink hydrangea, red poppy) kebanyakan made in France. 

Aku hafal karena banyak menjual seri ini. Dan aku perhatikan, sejak si Neo beige koleksi tahun lalu muncul (baru sekali itu Neo yang made in China) dan sold out laris maniss di pasaran, mungkin soal made in ini menjadi "tidak penting" lagi. Si Neo medium opera dan heidelber pun yang baru-baru sale aku sudah cek, made in China semua kecuali small lebih bervariasi. Memproduksi di China tapi dijual dengan harga sama, secara profit tentu saja lebih tinggi ... hmm hebatnya Longchamp !

FYI sejak seri Longchamp Neo launching di awal tahun 2014, special untuk warna navy dan black karena termasuk warna basic (warna yang dijual dan digunakan sepanjang musim) tidak pernah ada diskon. Di butik, di mal yang ada store Longchamp juga di websitenya sendiri, kedua warna ini tidak pernah ada diskon, memang kebijakan dari pusatnya seperti itu.

Jadi warna-warna yang didiskon itu biasanya koleksi warna yang sudah tidak sesuai musim saat itu, misalnya warna orange atau cerah-cerah lainnya (koleksi spring/summer) maka pada saat musim berikutnya ketika koleksi autumn/winter mulai mejeng di butik (warnanya cenderung redup dan gelap) maka si orange dan cerah2 ini akan ada diskon. 

Begitu pula menjelang spring/summer, warna-warna redup gelap koleksi musim sebelumnya akan ada diskon. Itulah sebabnya disini umumnya sale di butik itu ada 2x saja dalam setahun. Untuk perbandingan harga aja nih, sengaja aku foto si Neo medium dari beberapa website di China dan di Jepang selain di Prancis, silahkan cek harganya. Karena brand ini memang asal Prancis, maka harga termurah yang dijual ya di Prancis. 

Bila harga normalnya si Neo medium €135 (di Jerman €138, lebih mahal €3), dikalikan dengan kurs saat ini, katakanlah per €1 = Rp. 15.234 atau dibulatkan jadi Rp. 15.200 (sumber : BNI valas hari ini) maka Neo medium navy dan black itu harga di Prancis menjadi Rp. 2.052.000,- . Tas yang sama di Jepang harganya 24.840 yen ---> Rp. 2.853.919,- dan di China 1.350 yuan ---> Rp. 2.817.807,- Artinya di Asia masih lebih mahal sekitar Rp. 800.000,- Lalu, dari fakta bahwa si duo navy dan black ini never discount, mengapa bisa muncul angka Rp. 2,1juta dari reseller? 

Secara logika, bila harga itu dijual dari tangan pertama aku masih maklum, mungkin keuntungan yang didapat bisa dari potongan duty free ( tidak banyak lhoo sekitar 10-15% aja) atau memang ada yang kebetulan membeli hand carry dan dapat tax free-nya (max 19%), si seller mungkin mengambil keuntungan dari selisih itu tapi bila dari seller kedua?? Apa iya dia tidak mengambil untung ?? 

Gambaran lainnya, melanjutkan cerita dari paragraf kedua diatas, barang-barang yang tidak terjual di butik Longchamp meskipun sudah sale, nantinya akan masuk ke factory outlet Longchamp, karena di butik akan berganti koleksi baru sesuai musimnya (btw karena bahasannya tentang brand ini jadi yang disebutnya cuma Longchamp, padahal rata-rata semua butik branded melakukan hal yang sama dan ada factory outletnya). 

Di Eropa hanya ada 2 factory outlet Longchamp, 1 di Paris dan 1 lagi di sekitar Frankfurt, Jerman. Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita menyamakan persepsi dulu definisi factory outlet atau FO ini. Karea setahuku FO di indonesia menjual barang-barang yang tidak lulus quality control untuk export, dengan kadang-kadang label merknya sudah digunting atau barang-barang rejek, entahlah sekarang karena sudah lebih 6 tahun gak sempet ke FO lagi di Indonesia.

Berbeda dengan FO disini, mereka bukan menjual barang-barang rejek, tapi barang-barang dengan kondisi masih baik namun terpaksa harus masuk kesitu karena belum sold out di butik sementara sudah terlewat musimnya, berganti koleksi baru yang akan mejeng. Btw untuk orang Indonesia sendiri sih hal ini tidak masalah yaa... karena matahari selalu bersinar sepanjang tahun jadi mau pake warna apa aja, kapan saja cocokk, no probem.

Satu hal lagi yang penting digaris bawahi, bahwa Longchamp tidak pernah memproduksi barang-barang khusus untuk dijual di factory outlet, yang notabene dijual dengan harga lebih murah dari harga butik, seperti halnya kebijakan yang dilakukan oleh Coach dan belakangan Michael Kors juga melakukan hal yang sama. Coach dan Michael Kors menjual produk khusus di outlet dengan model tertentu yang tidak dijual di butik. Nah Longchamp berbeda, barang-barang yang dijual di FO dulunya pasti ada di butik, tapi karena faktor belum terjual habis tadi maka jadi masuk kesitu dan barang-barang ini bisa berasal dari seluruh butik Longchamp di dunia yang terpaksa balik lagi karena ada pergantian koleksi baru tersebut. 

Sampai disini mungkin paham ya, bagaimana mungkin si duo Neo navy dan black ini bisa masuk ke factory outlet dan jadi ada diskon kalau di butiknya sendiri tidak pernah didiskon dan sudah diputuskan menjadi warna basic yang never sale sepanjang kemunculannya, itu pernyataan resmi dari butik lhoo. Tambahan sedikit lagi, pengalaman pribadiku selama belanja di butik Longchamp, mau transaksi lebih dari €3000,- pun dalam sehari, tidak pernah ada potongan harga sama sekali, biar kata hanya 2% tongue emoticon Peraturannya memang sangat ketat. 

Di butik, kita juga tidak akan ada chance untuk kongkalikong penulisan harga, misalnya mau ditulis beda di nota dari harga beli (seperti nota bodong yang lazim di Indonesia buat proyek yak tongue emoticon ) karena semua sudah computerised. So, demikianlah adanya... semoga membuka mata yang masih tertidur pulas grin emoticon grin emoticon. 

Tulisan ini dibuat sudah minta izin dan sepengetahuan temanku, belum bisa dipastikan dia menjadi korban barang fake atau bukan. Kalau memang barangnya otentik ya harus bersyukur sudah bertemu reseller yang sangat pemurah karena dengan hitung-hitungan diatas berarti dia tidak mengambil untung sama sekali malah tekor dong hehe... kalau dapat yang fake ya ngenes aja harus membayar sampai Rp. 2,1 juta !! 

Mohon bagi yang kepo kepengen tahu siapa nama temanku atau dibeli dari olshop mana gak usah PM yaa hihihi.. karena aku tidak akan menjawabnya, bukan konsumsi publik grin emoticon grin emoticon Dari awal diatas kan sudah disebutkan tidak dalam tendensi untuk menjatuhkan nama/olshop lain, ini lebih kearah sharing dan supaya lebih berhati-hati lagi sebelum bertransaski. 

Salam Longchamp
LongChamp - Asli atau Palsu LongChamp - Asli atau Palsu Reviewed by yuli harry on 11:58:00 PM Rating: 5

11 comments:

  1. Jual orginal longchamp made in france,langsung check diinstagram @handbagindo
    info lebih lanjut hub

    Wa :082279301998
    line :kyotoluga
    bbm :D0BB1544

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jasa Cleaning Service RUMAH DIJUAL BANDAR LAMPUNGJasa Cleaning Service RUMAH DIJUAL BANDAR LAMPUNGbroker properti lampung RUMAH DIJUAL BANDAR LAMPUNGevent organizer bandar lampung RUMAH DIJUAL BANDAR LAMPUNG

      Delete
  2. Hi sis..kebetulan saya ad baca blog sis nih. Saya lg pgn bl tas LC yg jeremy scott tuh tp saya bingung krn byk harga ad yg 1jtan..2jtan.diantara sekian byk saya ad bandingin 3 toko berbeda. Yg A 1.050 yg B 1.350 yg C 1.980.
    Yg saya bingung adlh :
    A : lgkp dustbag paperbag..n carecard..ktny menurut gudang ori.
    B : lgkp dust n paperbag..tp ad keterangan tertera " byk os ngaku jual ori pabrik dgn hrg 2jtan..jgn ketipu ama yg gt..smua fake.
    C : lgkp dust n paperbag..authenticity guaranteed..authentic card..firsthand longchamp..
    So saya bingung jg sis..ni smua pada yg kw ato gmn y? Mohon dpt dibantu.mksh y sis.

    ReplyDelete
  3. Hi Sis Sherly.... coba gabung di LongChamp Lovers Indonesia (LLI) dech karena di situ bisa bertanya di group. mereka akan dengan senang hati membantu nya. Setahu saya kalo barang LC hanya tas kulit yang dapat dustbag. dan harga Jeremu Scott itu sekitar 3.5 keatas walau di ols. Kalo ada yang jual di bawah segitu saya ragu ya. Karena Jeremy Scott itu termasuk kategory barang koleksi ya. Jadi ya mahal

    ReplyDelete
  4. Hi sist. Aku baru beli longchamp neo di counter indo tp di zipper gak ada tulisan ykk? Mungkinkah itu palsu atau memang longchamp neo tidak semuanya menggunakan tulisan ykk?

    ReplyDelete
  5. Hi sist. Aku baru beli longchamp neo di counter indo tp di zipper gak ada tulisan ykk? Mungkinkah itu palsu atau memang longchamp neo tidak semuanya menggunakan tulisan ykk?

    ReplyDelete
  6. hi, kamu jual longchamp planetes long handle ga? thanks :)

    ReplyDelete
  7. Tas Longchamp Neo Motif Series


    Kemiripan Tas Longchamp Super Premium dengan ORI 99%, silahkan bandingkan dengan tas lainnya

    ReplyDelete
  8. Hai .. saya kebetulan sedang tinggal di salah satu negara Eropa,dan hobby banget beli LC... ada beberapa item yg emang gak pernah diskon dan ada yang diskon gedhe banget macam summer sale sekarang ini.. Salam kenal... ada beberapa barang juga yang saya jual... )

    ReplyDelete
  9. Ada rekomendasi online shop ga Mba? Thank you

    ReplyDelete

Powered by Blogger.