Like us on Facebook

Belajar membuat sebuah Event



Berdasarkan pengalaman saya selama ini, ada beberapa faktor besar yang harus kita pertimbangan sebelum memutuskan untuk membuat acara apapun, baik itu Pernikahan, Ulang Tahun, Arisan, Gathering maupun Fieldtrip/Outbond atau Tour Wisata sekalipun. unsur penting itu adalah :
  • Biaya (Budget)
  • Target Orang (Audience)
  • Acara  (Agenda)
  • Tempat/Lokasi (Venue)
  • Perencanaan waktu (Timeline)
Mari kita bahas satu satu ya
  1. Biaya : Besarnya biaya akan menentukan bagaimana bentuk suatu acara. Karena biaya akan sangat berperan dominan, biaya juga akan akan menentukan berapa orang yang akan kita undang, apakah ada hiburan musik, hadiah2 yang akan di bawa pulang, jenis makanan yang akan di pilih juga menentukan lokasi acara apakah di adakan di tempat mahal atau tempat sederhana.. 
  2. Target Audience : Pertama tama kita harus listing dulu siapa si yang akan kita undang, bagaimana profile nya apakah dari kalangan Orangtua, Remaja, Suami istri atau Tokoh2 Masyarakat. Menentukan jumlah orang yang akan kita undang berhubungan juga dengan jumlah makanan yang akan di pesan. Juga harus kita harus check apakah daftar orang orang yang akan kita undang, data nya sudah benar alamat serta kontak nya no telp nya
  3. Acara / Rundown : Sebuah acara yang di susun akan sangat menentukan kita pemilihan ruangan di lokasi serta pengaturan tempat duduk. Seringkali terjadi sebuah acara sering kali berubah ubah jadi kita harus bisa juga memikirkan jika ada perubahan apa yang harus di lakukan. Membuat rundown sangatlah penting jadi kita akan tau alur sebuah acara.
  4. Tempat / Venue : Mementukan sebuah lokasi juga hal yang harus di perhitungkan masak2. Apakah tempat tersebut di pusat keramian, apakah termasuk jalur macet, juga apakah persiapan logistik di tempat tersebut seeperti persedian kursi, meja, sound system, tempat parkir, ruang sholat dsb.
  5. Perencanaan waktu : Jangan lupa selalu membuat perencanaan waktu atau Timeline, karena sebuah timeline sangat memegang perananan penting juga membuat daftar check list apakah masih ada item2 yang pending di kerjaan. Kita harus juga mementukan kapan waktu yang tepat menyebarkan undangan, memfollow up untuk status rsvp dsb.

Sebuah acara/events meliputi 3 tahapan penting yaitu :
  • Persiapan (pre-event), 
  • Pelaksaan (Event) 
  • Pasca Pelaksaan (Post event)
Ulasan di atas termasuk kategori Persiapan, lain waktu kita bahas untuk Pelaksanaa dan Pasca Acara.

Salam.
Belajar membuat sebuah Event Belajar membuat sebuah Event Reviewed by yuli harry on 8:10:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.