Like us on Facebook

Seruit Lampung


Saya lahir dan besar di Kotabumi Lampung Utara, walau saya bukan dari suku Lampung asli tentunya masakan khas Lampung sangat melekat di keseharian kehidupan kami. Namanya Seruit.

Seruit adalah makanan khas provinsi Lampung yaitu masakan ikan yang digoreng atau dibakar dicampur sambel terasi dan tempoyak (olahan durian) atau mangga. Dan beberapa jenis lalapan, seperti daun kemangi timur, terong baker, jengkol, dan daun jambu monyet. Bahan tambahan ini kemudian dicampurkan dan diaduk menjadi satu.Setelah itu, seruit pun siap dinikmati dengan nasi hangat. 

Dari kecil saya sudah di kenalkan dengan Seruit ini dan herannya dari seluruh anggota keluarga hanya saya dan Ibu saya yang paling suka. Apa yang terjadi ketika saya mulai kehidupan yang baru di Jakarta sejak tahun 1991. Begitu sulit rasanya meracik sambal terasi yang enak, dikarenakan sambel terasi yang enak sangat bergantung dengan terasi yang kita pakai. Dan selalu meng-import terasi langsung dari Lampung karena beda rasanya dengan yang ada di Jakarta ini.

Seruit lampung biasanya di sajikan dengan Pindang ikan (kurang lebih sama dengan pindang Palembang, kalo khas Lampung, kuahnya lebih bening)

Dan ini lah Seruit Lampung Emergency (tanpa ikan)
1. Ambil secukupnya sambal terasi di taruh di piring kecil/sedang
2. Ambil Tempe/Tahu Goreng, di campur dengan sambal, tambahan minyak sisa menggoreng tahu/tempe tadi lalu di aduk dengan tangan.
3. Beri perasan jerul limo (jeruk sate)
4. Lalap yang sering saya pakai rebusan labu siam yang kecil + Lenca + rebusan daun singkong
5. Tumis bayam (untuk menggantikan pindang ikan tadi)

Dengan menu sederhana di atas saya masih bisa dapat menikmati seruit walau bahannya sangat minimalis.


Lalapan Khas Lampung (Dok.Pribadi)
Seruit Lampung Seruit Lampung Reviewed by yuli harry on 1:01:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.